Algoritma dan Pemrograman : Flowchart

Kali ini saya akan membagikan sedikit materi yang ada dalam mata kuliah Progam Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung. Materi dalam mata kuliah Algoritma dan Pemrograman.

Algoritma merupakan metode umum yang digunakan untuk menyelesaikan kasus tertentu dengan jumlah kata yang terbatas. Dalam penulisannya dapat digunakan bahasa natural/notasi matematika sehingga dapat dijalankan oleh komputer. Untuk sistematisnya algoritma dapat ditulis menggunakan skema seperti Flowchart dan Pseudocode. Di postingan ini kita akan membahas tentang flowchart secara lebih lengkap.

Flowchart adalah skema penggambaran dari algoritma dengan menggunakan simbol-simbol tertentu secara sistematis dan terurut.

Dibawah  ini simbol-simbol yang ada didalam flowchart :untitledsumber : Algoritma dan Pemrograman Politeknik Telkom

Ada dua jenis flowchart, yaitu:

  1. Flowchart Sistem, flowchart yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian sistematis yang berurutan dalam suatu sistem.
  2. Flowchart Program, flowchart yang menggambarkan urutan detail dari prosedur (langkah-langkah) secara terperinci seperti proses dalam progam.

Didalam simbol-simbol flowchart terdapat simbol conditional/decision yang menyatakan suatu proses memerlukan pengambilan keputusan.

2

Dalam decision/conditional terdapat pilihan yang jawabannya merupakan sebuah boolean yang bernilai 1 (true/ya) dan 0 (false/tidak).

Berikut ini contoh flowchart yang menggunakan decision/conditional :

Algoritma Menyalakan Senter

  1. Persiapkan baterai, baterai sudah ada didalam lemari.
  2. Putar bagian kepala senter kearah kanan, sampai terlepas.
  3.  Masukkan baterai senter kedalam senter
  4.  Tutup kembali kepala senter dan putar ke arah kiri
  5. Tekan tombol “ON” pada senter
  6. Apakah senter telah menyala?
  7. Jika tidak, mungkin baterai sudah habis maka kita ganti dengan baterai yang baru.

flowchart1

Pada algoritma menyalakan senter, decision/conditional terdapat pada, apakah senter telah menyala? Disini ada kemungkinan dua kondisi yaitu senter menyala atau tidak menyala, maka akan terdapat dua pemecahan masalah dari dua kondisi yang berbeda tersebut. Jika senter menyala berarti masalah terpecahkan, namun jika tidak maka kita bisa mengganti baterai dengan yang baru sebagai salah satu penyelesaian masalah.

Pengulangan proses juga tedapat dalam sebuah algoritma dimana pengulangan dilakukan untuk mengoptimalkan kerja komputer dengan menggunakan kembali program atau sekumpulan program untuk menyelesaikan kasus tertentu.

Disini saya akan memberikan sebuah contoh flowchart pengulangan.

contoh soal :

Adi diberikan tugas untuk menjaga warung. Jumlah pendapatan awal akan terus ditambah jika ada pembeli yang belanja di warung Adi. Pendapatan akhir akan di dapat dari keseluruhan pemasukkan di warung Adi. Buatlah flowchart untuk mempermudah pekerjaan berikut.

flowchart3

Pada flowchart ini dijelaskan bahwa pendapatan akhir = pendapatan awal + hasil beli. Hasil beli didapat dari hasil pembelian si pembeli. Proses pengulangan akan terus terjadi jika decision/conditional menyatakan nilai true/ya dan akan berhenti ketika menyatakan nilai false/tidak.

Mungkin cukup sampai disini postingan saya mengenai materi flowchart dalam mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Semoga bermanfaat dan mempermudah dalam memahami tentang flowchart. Terimakasih telah membaca postingan saya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s